Selasa, 12 Agustus 2008

Sobandi Pindah ke PBB

CIAMIS, TRIBUN - H Dedi Sobandi, mantan Ketua DPC PDIP Ciamis yang juga mantan wabup Ciamis resmi calon anggota legislatif (caleg) dari PBB untuk daerah pemilihan (DP) Ciamis IV (Banjarsari sekitarnya) nomor urut 4. Dedi yang diberhentikan dari jabatan wabup oleh Mendagri pada Juli, Senin (11/8) ikut pemeriksaan kesehatan di RSU Ciamis.

"Ada 45 bakal caleg PBB yang ikut pemeriksaan kesehatan hari ini, salah seorang di antaranya Pak Bandi (H Dedi Sobandi, Red)," ujar Ketua DPC PBB Ciamis Andang Irfan Sahara SH kepada Tribun di RSU Ciamis, kemarin.

Selain Sobandi, para bakal caleg lainnya yang ikut pemeriksaan itu, di antaranya Drs KH Ahmad Hidayat SH yang sehari hari menjabat sebagai Ketua DKM Mesjid Agung Ciamis, Ketua Komisi Fatwa MUI Ciamis serta Penasihat Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) Ciamis Andang Irfan, Drs H Nasuha Risagarniwa, hingga Teteng Sundawan Garnis aktor film Laksamana Chengho (main bersama Yusril).

Seusai pemeriksaan, Dedi Sobandi mengakui dirinya mau sebagai caleg dari PBB untuk Pemilu 2009 nanti. "Niat saya jadi caleg PBB adalah untuk ibadah membantu yang lemah. Dan saya sudah keluar dari PDIP. KTA saya di PBB sudah diproses dan saya sudah tidak di PDIP lagi," ujarnya, tanpa merinci kenapa ia memilih PBB.

Ia memilih DP IV karena wilayah tersebut merupakan daerah asalnya. Pada Pemilu 1999, Dedi yang saat itu menjabat Ketua DPC PDIP Ciamis terpilih sebagai anggota DPRD Ciamis asal PDIP dari DP IV ini juga.

Dedi pada 2006 dinonaktifkan dari jabatannya sebagai wakil bupati Ciamis karena terlibat kasus APBDgate bersama 14 anggota DPRD Ciamis lainnya. Kini, menjalang Pemilu 2009 dan Pilgub Ciamis 2008, Dedi memilih hengkang dari PDIP. PBB, partainya sekarang, bersama PAN, PKB dan Golkar mengusung pasangan incumbent H Engkon Komara Drs H Iing Syam Arifin pada Pilgub Ciamis bulan Oktober nanti.

Ketua DPC PDIP Ciamis Jeje Wiradinata mengaku sedikit kaget tentang majunya Dedi Sobandi menjadi caleg PBB. "Itu hak beliau untuk menjadi caleg dari PBB. Itu hak azasi beliau," ujarnya. (sta)

Dari PDIP, APBD-Gate Hingga Caleg PBB
* Pemilu 1999 H Dedi Sobandi, saat itu menjabat sebagai Ketua DPC PDIP Ciamis, terpilih sebagai anggota DPRD Ciamis asal PDIP dari DP IV.
* Setelah itu Sobandi terpilih sebagai Wakil Ketua DPRD Ciamis masa bhakti 1999 2004.
* Menjelang akhir masa bhaktinya sebagai wakil ketua DPRD, Sobandi terpilih wakil bupati Ciamis periode 2004-2009 mendampingi Bupati Engkon Komara.
* Sebagai wakil ketua DPRD Ciamis, Sobandi digantikan Jeje Wiradinata (sekarang Ketua DPRD Ciamis sekaligus juga Ketua DPC PDIP Ciamis).
* 2006 Sobandi dinonaktifkan dari jabatannya sebagai wakil bupati karena terlibat kasus APBDgate bersama 14 anggota DPRD Ciamis lainnya.
* Juli 2008 Sobandi secara resmi diberhentikan dari jabatannya sebagai wakil bupati Ciamis oleh Mendagri.
* Menjalang Pemilu 2009 dan Pilgub Ciamis 2008, Sobandi memilih hengkang dari PDIP dan bergabung dengan PBB.
* Di PBB, Sobandi sebagai caleg nomor urut 4.
* PBB bersama PAN, PKB dan Golkar mengusung pasangan incumbent Engkon Komara Drs H Iing Syam Arifin.

Sumber : http://tribunjabar.co.id/artikel_view.php?id=17317&kategori=34

andi m dani

Tidak ada komentar: